KATA PENGANTAR

Kata Pengatar

Perpustakaan Umum sebagai salah satu sarana mencerdaskan kehidupan bangsa perlu mendapat perhatian yang serius dari pemerintah dalam pembinaan dan pengembangannya secara berkesinambungan sehingga mampu meningkatkan kualitas layanannya kepada masyarakat pengguna jasa layanan perpustakaan.

Dalam perkembangannya, Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan juga merupakan bagian dari proses pendidikan sepanjang hayat yang bertujuan memberikan layanan bagi semua lapisan masyarakat. Melihat kilas balik sejarah Perpustakaan di Kabupaten Bengkulu Selatan dimulai pada Tahun 2007 dengan terbitnya Peraturan Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor 24 Tahun 2007 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan. Pada Tahun 2007 merupakan Sejarah Tumbuh dan Berkembangnya berbagai jenis perpustakaan di Indonesia. Dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang mengamanatkan Perpustakaan sebagai urusan wajib pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga ke desa.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 Tentang organisasi perangkat daerah, pengembangan perpustakaan umum di daerah mengalami perkembangan yang positif, termasuk juga Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan sehingga peran Perpustakaan Umum diharapkan dapat difungsikan secara optimal untuk masyarakat. Saat ini terjadi peningkatan kebutuhan masyarakat dalam berbagai bidang, salah satu kebutuhan yang paling mencolok adalah kebutuhan akan informasi. Seiring perkembangan teknologi informasi terjadi perubahan tatanan dalam berbagai bidang termasuk perpustakaan.

Dalam rangka pembinaan dan pengembangan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, maka perlu disusun Profil Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai langkah awalnya untuk melakukan pembinaan dan pengembangan perpustakaan di Wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan. Profil Perpustakaan Umum Daerah ini sangat dibutuhkan dalam rangka menginventarisasi dan menganalisisi kemajuan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bengkulu selatan serta menjembatani terwujudnya kerjasama yang baik antar Perpustakaan Desa/Kelurahan, Sekolah/Perguruan Tinggi dan Taman Bacaan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *