DPKBS Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional 2022

DPKBS, 22 Oktober 2022

Setiap 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional di Indonesia. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) nomor 22 Tahun 2015, yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Oktober 2015.

Pemilihan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional didasarkan pada Resolusi Jihad yang diserukan oleh KH. Hasyim Asyari pada 22 Oktober 1945. Dalam resolusi tersebut menjadi momentum kebangkitan kaum santri dalam membantu perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang sudah diproklamirkan pada 17 Agustus 1945.

Menurut nu.or.id, ada 2 alasan kuat yang menunjukkan besarnya kontribusi santri untuk Indonesia. Yang pertama, dalam catatan sejarah, santri telah banyak berkorban nyawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Banyak santri yang terlibat dalam melawan para penjajah. Selain itu, mereka juga banyak membantu kemerdekaan di daerah terpencil Indonesia lewat strategi dan tindakan mereka.

Yang kedua, karena santri memiliki kontribusi yang besar dalam membimbing dan mengamalkan praktik keagamaan di lingkungan masyarakat. Seperti contohnya banyak lulusan santri yang akhirnya menjadi guru mengaji untuk anak-anak, atau menjadi ketua majlis maupun masjid, serta menjadi imam masjid ketika memimpin sholat.

Makna Hari Santri Nasional adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia terdapat peran ribuan kiai dan santri di dalamnya.

Contohnya adalah pendiri Nahdlatul Ulama, KH. Hasyim Asyari, dan pendiri Muhammadiyah, KH. Ahmad Dahlan berasal dari kalangan santri. Banyaknya peran santri dalam proses kemerdekaan Indonesia sampai saat ini, membuat pemerintah menilai hari santri sangat penting untuk ditetapkan.

Hari Santri Nasional ditetapkan dengan tujuan agar para santri dan rakyat Indonesia selalu meneladani semangat jihad para pahlawan, semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Dengan ini, Segenap Keluarga Besar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkulu Selatan mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2022.

#salamliterasi#salamarsip

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *