Dinas Perpustakaan dan Kearsipan BS Ikut Webinar Dialog Nasional: Membangun Literasi Kelapa Menuju Kedaulatan Produksi Pangan Dalam Negeri

Kamis, 20 Mei 2021

#SahabatPerpusnas, kelapa dengan segala bagian tanamannya telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita sehari-hari. Kelapa dengan segala produknya menjadi unsur penyusun kebudayaan kita. Kini kelapa Indonesia dalam keadaan kritis. Tidak hanya di Indonesia tapi negara penghasil kelapa lainnya di kawasan Asia Pasifik mengalami hal yang sama. Mayoritas pohon kelapa yang ada ditanam dalam rentang satu dekade pasca perang dunia pertama. Artinya kelapa tersebut sudah berumur di atas 65 tahun. Sudah melewati umur produktifnya.

Dirasa perlu membangun kesadaran publik akan pentingnya tanaman kelapa dan perlunya perhatian lebih pada kelapa. Kesadaran publik diperkuat melalui kegiatan membangun literasi kelapa secara nasional dan upaya membangkitkan kembali perkelapaan kita. Untuk itu, masih dalam rangkaian HUT Perpustakaan Nasional RI, bekerja sama dengan Sahabat Kelapa Indonesia serta Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Dialog Nasional dengan tema “Membangun Literasi Kelapa Menuju Kedaulatan Pangan Dalam Negeri”.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *