Ayo Mampir ke POCADI

DPKBS, 18 Februari 2022

Layanan Pojok Baca Digital (POCADI) adalah program Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat khususnya bagi anak sekolah, dan mahasiswa serta meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan. Hari ini Jum’at, 18 Februari 2022 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan membuka Layanan POCADI di Klinik Bersalin Harapan Bunda.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, internet juga menjadi salah satu media pencarian informasi yang populer karena menawarkan kemudahan aksesibilitas dan mencari informasi. Melalui berbagai aplikasi berbasis internet, hadir jutaan informasi di tiap menitnya. Seseorang dapat dengan mudah untuk memproduksi, melakukan edit atau reproduksi, serta menyebarkan informasi. Dengan banyaknya informasi yang sifatnya hoax dan diragukan, maka yang perlu diperhatikan yaitu langkah untuk memverifikasi sumber-sumber informasi tersebut sehingga menjadi kredibel. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibutuhkan keterampilan khusus yang dikenal dengan istilah literasi.

Literasi merupakan kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Literasi tidak hanya sekadar kemampuan membaca dan menulis, melainkan melek teknologi, berpikir kritis, dan peka terhadap lingkungan sekitar. Pentingnya kesadaran berliterasi sangat mendukung keberhasilan seseorang dalam menangani berbagai persoalan. Salah satu jenis literasi yang berkaitan dengan kemampuan khusus dalam menggunakan berbagai informasi dalam format digital disebut literasi digital.

Perpustakaan memiliki peran strategis dalam membangun literasi masyarakat sebagai lembaga penyedia informasi. Untuk itu, pemerataan akses terhadap layanan perpustakaan diperlukan agar akses informasi yang terpercaya validitasnya dapat dinikmati hingga daerah-daerah terpencil.

POCADI adalah tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (ebook). Koleksi eBook yang ada di POCADI berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan juga konten iPunas, semua bisa dipinjam dan diunduh mengunakan aplikasi iPusnas. Pocadi juga dilengkapi dengan perangkat pop up dan aplikasi untuk media promosi, kegiatan serta koleksi ebook, audio dan video yang direkomendasi pada banner yang tersedia.

“Membaca Buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik” – Buya Hamka

#jum‘atberkah #salamliterasi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *